Aplikasi belajar online terbaik untuk guru dan siswa terpercaya



Wayah-e_Ada banyak aplikasi yang bisa menjadi alternatif sebagai pengganti belajar langsung. Adanya belajar online atau daring memudahkan kita belajar secara jarak jauh sehingga siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dimanapun dan kapanpun serta yang disarankan oleh kemendikbud.

Baca juga: Cara jitu memaksimalkan kinerja lapto anda

Tak terkecuali pemerintah melalui kemendikbud melakukan kerjasama dengan berbagai pengembang aplikasi belajar atau pendidikan online untuk membantu dalam pembelajaran daring.


Belajar dirumah menjadi pilihan untuk guru maupun siswa, akan tetapi mereka juga harus bisa memilih media belajar online yang terbaik serta yang mampu memenuhi kebutuhan mereka dalam proses pembelajaran.

Baca juga: Aplikasi untuk membuka & mengedit dokumen

Ada beberapa aplikasi yang bisa mendukung pembelajaran di rumah secara online dan sudah terbukti bisa memudahkan siswa dalam belajar serta ada beberapa aplikasi yang disediakan dengan gratis. Berikut Wayah-e akan memberikan beberapa aplikasi online terbaik saat anda belajar dirumah atau e-learning..





Aplikasi belajar online terbaik untuk guru dan siswa terpercaya


1. Rumah Belajar

Aplikasi yang dikembangkan dan didukung langsung oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan memberikan layanan yang bisa mendukung proses belajar siswa dalam jaringan atau online yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta banyak pemanfaatan sarana teknologi di dalamnya.

Baca juga: Cara membuat file pdf dengan muda + cepat

Tak hanya itu saja dalam Rumah Belajar menyediakan layanan belajar serta fitur yang tak kita jumpai dalam kelas yaitu Sumber belajar siswa, e-book siswa dan guru, laboratorium virtual, serta banyak karya sastra dan kebudayaan di seluruh Indonesia yang bisa menambah wawasan siswa.


2. TVRI live

Layanan televisi milik pemerintah ini juga tidak mau kalah menyediakan pembelajaran secara online atau lewat virtual dimana setiap matapelajaran dan kelas dikelompokkan sesuai jenjang masing-masing. Dan ada jadwalnya tersendiri


Proses belajarnya lewat tv baik tv offline maupun online didalamnya banyak materi yang disampaikan secara gratis dan didukung langsung oleh kemendikbud dan materi pelajaranya mulai dari paud, sd, smp, serta sma. Lenkap tinggal kita menyesuaikan materi sesuai jadwal yang telah dibuat oleh kemendikbud.


3. ICANDO

Layanan dan aplikasi ini dikhususkan untuk anak usia dini atau paud. Banyak materi dan hal yang menyenangkan anak sesuai umur anak tersebut serta sudah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi yang sudah banyak dikembangkan.

Baca juga: Cara ampuh memaksimalkan perangkat android

Banyak game yang bisa mendukung motorik anak dan menambah motivasi belajar anak serta tambahan permainan yang menyenangkan yang cocok sekali dengan masa paud yaitu masa bermain. Aplikasi ini dapat diunduh di playstore dan app store. Buruan unduh ya.


4. Ruang Guru

Ruang guru adalah alternatif belajar daring yang didukung dengan kurikulum nasional. Aplikasi ini berbayar akan tetapi semenjak ada pandemi virus ini maka mulai tgl 16 maret 2020 pihak ruang guru memberikan layanan gratis kepada para pengguna yang sudah aktif maupun yang baru gabung.


Banyak layanan yang terdapat dalam ruang guru antara lain mulai dari kelas 1 sd sampai sma dengan segala jenis mata pelajaran dibahas dan dikupas tuntas didalamnya. Tak hanya soal yang berbentuk tulisan akan tetapi ada fitur video yang menambah mudah dalam proses belajar online di ruang guru. Serta banyak latihan soal baik uts ataupun uas. Serta bisa kita download di semua platfrom.


5. Zenius

Zenius menmberikan berbagai fitur dalam hal belajar dirumah atau bahkan belajar dimana saja dan ditambah menyediakannya secara gratis dan bisa diakses di semua android, bahkan ios. Tak hanya itu disebutkan juga lebih cepat diaksesnya dan hemat kuota.

Baca juga: 8 aplikasi google yang jarang diketahui banyak orang

Dari segi belajarnya, zenius memberikan segala jenis kurikulum di Indonesia serta berbagai matapelajaran dari berbagai jenjang baik sd, smp, dan sma. Gratis dalam penggunaanya serta didukung dengan berbagai layanan berupa format whiteboard yang menambah ringan dan cepat saat menggunakanya. Aplikasi ini bisa teman-teman unduh di playstore.


6. Google Education

Google sebagai perusahaan internet terbesar di dunia juga tak mau kalah dengan memberikan layanan dalam dunia pendidikan yang memudahkan siswa maupun guru dalam belajar online lewat internet. Banyak aplikasi serta layanan yang dibuat seperti google suite, google classroom dan lain-lain.


Dalam google classroom guru bisa membuat semacam kelas virtual serta dapat digunakan untuk menampung semua siswa yang akan belajar secara online lewat google classroom ini. Didalamnya ada fasilitas mengirim file, video, serta bisa chat serta mengobrol secara langsung. Aplikasi google classrom tersedia secara gratis di playstore ataupun app store.


7. Microsoft Teams atau MS 365

Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini juga banyak memudahkan kita dalam berkomunikasi dan bertukar data secara online tak hanya itu ms 365 juga bisa dimanfaatkan guru untuk belajar dan mengajar secara virtual dan bisa menjadi tutor belajar online.

Baca juga: Cara belajar cepat menggunakan microsoft teams

Banyak kelebihan microsoft teams ini layaknya aplikasi belajar lainya ms 365 juga bisa berbagj fie, mengobrol, membuat grub, serta yang menyebabkan aplikasi ini menjadi banyak digunakan adalah bisa membuat channel sendiri dan bersifat privasi atau rahasia. Microsoft sangat menekankan privasi penggunanaya dalam aplikasi ini.


8. Quipper

Quipper school merupakan layanan yang disediakan untuk memudahkan siswa dalam belajar maupun untuk mendukung proses belajar yang tidak didapat di sekolah. Banyak fitur belajar online yang tak banyak kita temui di layanan serupa.


Disediakan secara gratis serta mendukung guru dalam memberikan soal kepada siswanya lewat pengiriman tugas secara online di quipper ini. Fitur lainnya mudahnya mengelola pekerjaan rumah, tugas. Bagi siswa, quipper ini juga memudahkan siswa dalam mengerjakan pr dan tugas secara online dengan mudah dan gratis. Menggunakan teknologi learning management system maka semakin mudah untuk mengelolanya.


9. Kelas Pintar

Selanjutnya aplikasi yang bernama Kelas Pintar, menyediakan layanan akses gratis akan tetapi haya selama 1 bulan penuh selebihnya berbayar. Tak banyak yang tahu kelebihanya seta mudahnya mengakses mata pelajaran yang dibutuhkan dan terbaru pastinya.

Baca juga: Cara membersihkan hp dengan baik dan bersih

Kelas pintar menawarkan fasilitas bertanya yang melayani siswa-siswi maupun guru untuk bertanya apapun dan itu sangat membantu siswa supaya lebih paham lagi. Ada beberapa penjadwalan untuk bertanya yang dapat disesuaikan dengan waktu dan keadaan dalam proses belajar online.





Kesimpulan

Adanya kejadian seperti halnya demikian maka kita tidak harus berputus asa dalam belajar karena belajar adalah kewajiban untuk setiap orang yang masih hidup maka kita harus memanfaatkan teknologi salah satunya adalah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk belajar online akan tetapi kita harus teliti dalam memilih aplikasi belajar online terbaik. Sekian dari wayah-e. Apabila ada yang bertanya silahkan dicantumkan di kolom komentar di bawah


Semoga bermanfaat,semoga harimu menyenangkan Wilujeng sedoyo mawon

0 Response to "Aplikasi belajar online terbaik untuk guru dan siswa terpercaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel