Cara memaksimalkan kinerja laptop agar lancar



Wayah-e_Tak jarang banyak pengguna laptop yang mengeluh akan kinerja laptop yang semakin melambat dan lemot. Seiring berjalannya waktu banyak dari mereka yang beralih membeli laptop baru.



Itu mungkin saran yang baik akan tetapi bagi sebagian yang lain belum bisa dikatakan baik. Karena memaksimalkan laptop tidak harus membeli laptop baru. Ada banyak cara mengatasinya.

Baca juga: 8 cara ampuh memaksimalkan perangkat android anda

Mempercepat laptop bisa teman-teman lakukan dengan bebarapa cara yang mudah dan simpel tanpa mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang yang baru.



Laptop yang lambat ada kemungkinan dari dalam laptop itu sendiri dan ada dari luar. Disini Wayah-e akan menjelaskan dan memberikan cara dan tips membuat laptop dan komputer teman-teman menjadi maksimal tanpa harus membeli laptop baru. Kuy simak penjelasan berikut:



MEMAKSIMALKAN KINERJA LAPTOP 



1. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Cara yang bisa kalian lakukan untuk memkasimalkan kinerja pada laptop teman-teman adalah dengan menghapus semua aplikasi yang tidak teman-teman gunakan yang bisa membuat laptop teman-teman menjadi lemot.

Aplikasi yang berukuran besar dan tidak digunakan itu juga harus di uninstall karena menyebabkan ruang pada ram menjadi bertambah dan laptop teman-teman tidak kencang seperti baru beli.


2. Perhatikan saat ingin menginstall aplikasi

Gunakan aplikasi yang bebas dari iklan, karena aplikasi yang banyak mengandung iklan bisa menurunkan kinerja laptop teman-teman, install aplikasi yang kira-kira sangat penting dan sering kita gunakan.

Baca juga: 11 kelebihan memakai iphone yang harus diketahui

Kalau laptop teman-teman mempunyai ram kisaran 512 mb dan 1gb, jangan terlalu banyak menginstall aplikasi, karena bisa membuat kinerja processor dan ram menjadi berat dan tidak maksimal lagi. Usahakan sedikit menginstall aplikasinya.


3. Sering update os laptop

Laptop yang jarang di update ke versi terbaru otomatis kinerjanya menjadi tidak maksimal dan cenderung lemot. Karena update itu memutahirkan dan menawarkan pemaksimalan dalam perangkat lunak laptop teman-teman. Itu sangat penting

Laptop yang sering diupdate beda kecepatanya dengan yang tidak diupdate. Setiap update laptop, perusahaan pengembang selalu memberikan layanan yang selalu membuat laptop menjadi terasa mudah saat digunakan dan menghilangkan bug/masalah pada laptop.


4. Rutin membersihkan laptop

Tak hanya membersihkan bagian luar laptop saja dalam memaksimalkan kinerjanya kita harus membersihkan file atau data-data sampah di dalam laptop atau komputer sendiri dengan demikian kita tidak khawatir menumpuknya sampah yang dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat.

Baca juga: tips mengatasi lemot pada hp android

Membersihkan data yang tidak berguna bisa melalui recycle bin dan teman-teman juga bisa mendownload aplikasi pembersih cache pada laptop, sebaiknya kalau laptop yang lama jangan menginstallnya karena bisa membuat kinerja laptop lemot, cukup dengan recycle bin bawaan laptop itu saja.


5. Menata ulang penyimpanan Hardisk

Kalian juga bisa menata ulang hardisk untuk memaksimalkan laptop kalian karena hardisk yang tertata dan sesuai dengan kapasitas yang digunakan bisa mempercepat kinerja laptop.

Memperhatikan kapasitas di drive C berapa, D berapa, dan selanjutnya. Mengelola penyimpanan Hdd sangat dianjurkan apabila kapasitas hdd teman-teman kecil dan tidak muat banyak. Teman-teman bisa mengaturnya di Hdd defragment supaya efisien.


6. Menginstall antivirus yang dapat diupdate

Selanjutnya install antivirus, mungkin melambatnya kinerja laptop teman-teman karena banyak virus yang masuk karena keseringan digunakan untuk internetan maupun bertukar data lewat flashdisk.

Biar antivirus maksimal dalam mendeteksi virus dan menghapus virus maka teman-teman perlu mengupdate antivirus dengan rutin diupdate maka kinerja antivirus menjadi baik dan aman dalam mendeteksi kemungkinan-kemungkinan adanya virus di laptop.


7. Matikan dan nyalakan laptop/komputer

Terlalu lama menggunakan laptop pastinya membuat tidak maksimal dalam penggunaanya dengan mematikan sejenak dan menyalakan lagi atau mematikan beberapa saat itu juga bisa membuat laptop menjadi segar kembali dan mengembalikan kinerja laptop menjadi cepat dan seperti semula.


8. Ganti dengan penyimpanan SSD

Hardisk sekarang memang tidak banyak orang yang menggunakan. Karena kinerjanya lambat dalam menjalankan laptop maka sekarang kebanyakan laptop menggunakan ssd.

Baca juga: kelebihan harmony os milik huawei

Jika laptop teman-teman masih menggunakan hardisk maka dapat dicoba dengan mengganti hardisk dengan ssd. Karena peforma ssd sangat cepat dan banyak digunakan saat ini.


9. Upgrade ram (random acess memori)

Mengganti ram yang lebih besar adalah cara memaksimalkan laptop yang lain karena peran ram yang sangat sentral dalam menjalankan laptop maka memperhatikan ram juga disarankan.

Ram dengan kapasitas besar bisa juga membuat laptop menjadi lambat, maka memperhatikan komponen komponen yang lain dalam laptop juga diperlukan. Pilihlah ram yang cocok dengan kinerja laptop teman-teman.


10. Perhatikan pengaturan baterai

Pengaturan baterai juga harus diperhatikan dengan menggunakan pengaturan yang tepat laptop teman-teman bisa maksimal dalam pengoprasianya dan bisa bertahan lama penggunaanya. Bisa teman-teman atur di control Panel > System and Security > Power Options.


11. Mengganti versi os yang cocok dengan laptop

Kebanyakan orang banyak menggunakan versi os yang terbaru akan tetapi tidak memperhatikan kinerja laptopnya. Jika diinstall ke versi terbaru akan maksimal akan tetapi juga bisa membuat lambat.

Baca juga: cara membersihkan hp dengan baik dan simple pastinya

Memperhatikan os yang digunakan sangat disarankan, jangan mentang-mentang ada yang baru terus diinstall sedangkan laptopnya tidak cocok dengan os tersebut. Disarankan pilihlah versi os yang kalian butuhkan.


12. Install ulang laptop

Terakhir yang dapat teman-teman gunakan untuk memaksimalkan kinerja laptop adalah menginstall ulang laptop teman-teman. Jadi banyak kemungkinan yang didapatkan dengan install ulang laptop.

Laptop teman-teman menjadi fres kembali dan lebih cepat dan terhindar dari virus yang selama ini tidak bisa dihapus oleh aplikasi antivirus di laptop teman-teman. Install ulang menjadi pilihan terakhir agar laptop teman-teman menjadi maksimal dan kembali seperti baru.







Itu tadi bebrapa kiat dan saran agar laptop teman-teman menjadi lebih cepat dan maksimal dalam kinerjanya. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa jika ada yang ditanyakan silakan berkomentar di kolom komentar dibawah.

Sekian trimakasih, Semoga harimu menyenangkan. See you next time

0 Response to "Cara memaksimalkan kinerja laptop agar lancar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel