√Cara Membersihkan HP dengan Baik dan Bersih



Wayah-e_Virus corona saat ini banyak menyerang diberbagai dunia, maka kita harus menjaga kebersihan. Tak ubahnya HP yang sering kita gunakan dapat terinfeksi kuman dan virus. Kebersihan hp juga harus diperhatikan.




Membersihkan layar HP atau smartphone perlu, karena bagian paling kotor dan yang sering kita sentuh. Selayaknya wajib membersihkan HP dari kuman yang tidak terlihat.

Baca juga: 8 tips mengatasi lemot pada hp android

Adapun Cara membersihkan smartphone atau HP dengan barang seadanya yang dapat kita temukan di sekitar kita. Sebelum membersihkan HP kita Mencuci tangan dahulu, kemudian baru kita Membersihkan layar HP dan bagian lain dari HP. Membersihkanya Tidak dengan menyelupkanya ke dalam air, akan tetapi Hp harus dibersihkan dengan alat tertentu.





Berikut Wayah-e akan membagikan tips dan saran bagaimana cara membersihkan hp yang baik dan benar agar terhindar dari virus yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya.







Tips Sederhana Membersihkan Smartphone




1. Menggunakan Cotton bud atau pembersih telinga

Cotton bud juga bisa digunakan untuk membersihkan hp, karena ujung cotton bud yang halus bisa membersihkan bagian-bagian terkecil atau yang susah di bersihkan dari smartphone.

Kita bisa menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi air mineral atau alkohol (dalam jumlah yang sedikit) ke bagian-bagian yang sulit dibersihkan misal: lubang carger, bagian dari kamera,lensa kamera dan bagian-bagian lain yang sulit dicapai oleh bahan pembersih yang lain.



2. Menggunakan Kain halus

Bahan ini cukup banyak kita jumpai disekitar kita. Kain halus bisa digunakan untuk membersihkan hp terutama pada layar hp yang sangat sensitif. Gunakan kain halus yang sudah bersih dan gosokkan perlahan pada layar hp.

Baca juga: 8 cara ampuh memaksimalkan perangkat android

Pastikan kain yang anda gunakan tidak dalam keadaan kotor dan basah. Serta pada saat menggosok jangan terlalu keras dan ditekan, supaya layar bisa awet dan jernih dan tidak mengalami lecet.



3. Dengan Kapas

Selanjutnya kapas, kapas juga bahan yang sering kita temui di sekitar kita. Kapas hanya dapat digunakan untuk membersihkan permukaan depan dan casing belakang saja. Jangan gunakan kapas untuk membersihkan bagian lupang ces, dan pada speaker hp kalau teman-teman tidak hati-hati kapas yang teman-teman gunakan bisa menyumbat lubang tersebut. Harus hati-hati dalam penggunaan kapas dan perlu memperhatikan beberapa hal dan akibatnya.



4. Menggunakan Penyedot debu kecil

Pasti banyak dari teman-teman yang mempunyainya kalau tidak mungkin hanya pilihan atau opsi. Penyedot debu mini juga bisa digunakan. Cukup nyalakan penyedot debu mini dan arahkan ke hp atau smartphone teman-teman yang sering terkena debu misal di bagian dalam lubang ces, lubang speaker dlm.

Pastikan jangan terlalu keras saat menyalakan penyedot debu dan jangan terlalu dekat ke lubang microphone atau speaker, itu bisa merusak speaker teman- teman. Maka dari itu perlu mempertimbangkan banyak hal dalam menggunakan alat tersebut.



5. Menggunakan Alkohol yang aman

Alkohol juga dapat membersihkan HP akan tetapi jangan langsung menyemprotkan alkohol pada permukaan layar hp. Hal ini bisa menyebabkan lapisan pada layar hp bisa rusak dan menimbulkan ketidak jelasan atau buram pada layar hp. Ada caranya sendiri bagaimana cara menggunakan alkohol tersebut. Adapun caranya:


  • Cabut charger hp apabila masih di cas
  • Matikan hp apabila dalam keadaan hidup
  • Lepas semua atribut hp seperti, softcas, casing hp jika memungkinkan dilepas, layar pelindung hp, dan semua atribut yang menempel pada hp
  • Cuci tangan terlebih dahulu
  • Gunakan kain halus, cotton bud, kapas dan semprotkan sedikit alkohol pada kain tersebut
  • Gosokkan perlahan ke semua bagian dari hp akan tetapi perhatikan pada layar sentuhnya itu harus digosok hanya 1 arah misal kalau horizontal ya semua horizontal dan sebaliknya
  • Gosoklah secara perlahan dan lembut
  • Kalau sudah semua, diamkan hp beberapa saat hingga alkohol kering pada permukaan hp
  • Kemudian lap dengan kain yang halus atau tisu
  • Jangan lupa bersihkan juga atribut hp tersebut supaya juga bersih
  • Pasang semua atribut hp dan smartphone siap untuk digunakan kembali

Baca juga: Beberapa kelebihan aplikasi zoom

Alkohol dipercaya bisa menghilangkan segala kuman maupun virus akan tetapi harus diperhatikan cara penggunaanya supaya hp kita menjadi aman dan tidak rusak.

Akan tetapi dilansir dari beberapa sumber perusahaan hp terbesar misal apple, samsung, dll belum mengumumkan dengan resmi bagaimana cara membersihkan hp dengan baik dan benar.



6. Tisu disinfektan


Akan tetapi jika teman-teman khawatir dengan penggunaan alkohol yang bisa merusak hp jika tidak memperhatikan beberapa hal. Teman-teman bisa mencobanya dengan menggunakan tisu disinfektan bisa kalian temukan di konter hp atau gerai-gerai resmi platfrom teman-teman. Kalau dengan tisu disinfektan cukup mudah cara membersihkannya. Berikut cara-caranya:

  • Pastikan smartphone dalam keadaan mati
  • Lepas semua atribut hp
  • Kemudian lap atau gosok dengan tisu disinfektan ke semua bagian hp dengan perlahan dan pastikan terusap semua.
  • Tunggu sampai kering
  • Hp siap digunakan.


Baca juga: Kelebihan Harmony os milik huawei

7. Air mineral

Air mineral juga bisa digunakan untuk membersihkan hp. Akan tetapi ada banyak hal yang perlu kita perhatikan dalam membersihkan dengan air mineral. Jangan langsung menyiram hp dengan air dan mencucinya. Adapun cara-cara membersihkanya: Pastikan tidak banyak dalam penggunaan airnya, air yang berlebihan bisa merusak hp dan jangan biarkan hp terlalu lama terkena air tersebut gunakan secukupnya saja.







Itu tadi beberapa cara membersihkan hp yang baik dan bersih semoga teman-teman bisa menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari disaat ini dimana banyak terjadi virus. Semoga bermanfaat . See you next time

0 Response to "√Cara Membersihkan HP dengan Baik dan Bersih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel