Mengenal Google Kalender serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya

Mengenal Google Kalender serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya

Wayah-e_Layanan pengingat acara atau kegiatan sekarang ini sudah banyak dibuat baik daring atau tidak. Apalagi semakin banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah pengingat dengan cara yang mudah. Sekaligus bisa membuat beberapa fitur yang banyak. Salah satunya adalah aplikasi kalender.

Selama ini kalender hanya digunakan untuk melihat tanggal dan hari saja. Tetapi semakin hari fungsi kalender beralih menjadi berbagai fungsi. Salah satunya untuk pengingat sebuah acara atau kegiatan. Dengan maraknya aplikasi kalender dengan berbagai fitur maka Google mengeluarkan sebuah aplikasi yang tidak hanya untuk melihat tanggal dan hari saja. Tetapi memiliki banyak kegunaan, aplikasi tersebut diberinama Google Kalender.

Baca ya: ini dia 15 Aplikasi yang bisa menemani kamu saat mencari tempat liburan

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan saat menggunakan Google Kalender yang harus kita pahami dan ketahui. Seperti aplikasi umumnya, Google Kalender juga memiliki banyak fungsi yang tersembunyi dan tidak hanya sebatas sebuah kalender saja.

Fungsi kalender selama ini hanya untuk melihat hari saja. Ternyata dengan memanfaatkan Google Kalender kita bisa membuat sebuah pengingat dan sebuah tampilan kalender yang keren dan bisa disesuaikan. Kita bisa membuat reminder dengan mudah di Google Kalender baik digunakan di smartphone, laptop, ataupun Pc.

Untuk yang masih baru belajar menggunakan Google Kalender kalian pasti sudah bisa dan tidak perlu diajari. Karena Google Kalender didesain sudah user friendly jadinya sangat mudah digunakan.

Banyak cara yang bisa kita lakukan dengan Google Kalender. mulai dari cara membuat reminder, membagikan atau share, membuat acara dengan mudah dan masih banyak lagi. Adapun cara menggunakan Google kalender ini juga sangat mudah dan simple.

Baca ya: mengenal aplikasi LinkAja!

Kita cukup mendownload aplikasinya di playstore atau app store dan kita bisa langsung memakainya dan mulai membuat acara atau hal lain untuk memudahkan aktifitasmu.

Sebelum kita membahas lebih lanjut lagi mengenai kelebihan dan keekurangan kalender dari Google ini. Sebaiknya kita tau dulu apa itu Google Kalender?

Apa itu Google Kalender?

Google kalender adalah layanan kalender yang dikembangkan oleh Google. Yang tergabung dengan keluarga gsuite. Serta mempunyai banyan kelebihan dan tampilan yang memanjakan mata anda yang tidak kalian temui di kalender biasanya.

Google Kalender sangatlah cocok bagi kalian yang mempunyai banyak kegiatan. Dibanding aplikasi kalender yang lain Google kalender lebih banyak fitur dan tampilan yang tidak terduga.

Kelebihan Google Kalender

Mengenal Google Kalender serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya

Apa saja hal atau fitur yang menjadi kelebihan Google Kalender dibanding aplikasi kalender yang lain. Berikut kami sajikan...

1. Tampilan yang menarik

Kelebihan Google Kalender yang pertama adalah tampilan yang ditawarkan sangat menarik dan cantik. Dengan tampilan yang menarik itu kita menjadi tidak bosan saat menggunakanya. Tampilan sangat diperlukan untuk menambah kenyamanan saat menggunakan kalender. Google Kalender sendiri memberikan tampilan antar muka yang tidak dimiliki oleh kalender biasanya. Dimana setiap tampilnya memberikan kesan yang berbeda seperti gambar unik, pemandangan dll.

Tak berhenti disitu saja kelebihan yang dimiliki oleh Google Kalender. Dia juga diberi menu khusus untuk para penggunanaya. Yaitu pilihan tema yang menyediakan begitu banyak gambar, serta tampilan yang cantik.

2. Menjadwalkan waktu otomatis

Menjadwalkan waktu atau hari secara otomatis memang dimiliki oleh Google Kalender. Dimana kita bisa leluasa mengatur kapan kita akan berkegiatan dan mengulangi penjadwalan kegiatan itu seperti semula. Dimana semua itu dimiliki oleh Google Kalender dan dapat kita rasakan pada saat menggunakanya. Fitur penjadwalan secara otomatis diperlukan agar kita tidak terus menerus mengatur jadwal di Google Kalender kita.

Baca ya: Cara jitu mempercepat Laptop dan Pc kamu 100%work

Dengan fitur tersebut maka kita semakin mudah membuat jadwal khusus dan memungkinkan kita melaksanakan kegiatan tanpa lupa akan hak tersebut. Google Kalender juga tersinkron dengan alarm kita sehingga sewatu-waktu kita bisa diberi pringatan.

3. Kalender 1 tempat

Kelebihan yang ketiga dari Google Kalender adalah aplikasi ini merupakan sebuah kalender 1 tempat. Maksudanya dalam kalender ini kita dapat melakukan banyak hal. Mulai dari mengatur pengingat, membuat jadwal serta melihat hari-hari penting di Indonesia dll. Dalam Google Kalender ini kita tidak hanya melihat angka dan hari saja didalamnya. Akan tetapi masih banyak yang bisa kita lakukan di dalamnya. Jadi, kita lebih mudah mengatur semua kegiatan dalam kehidupan sehari-hari kita.

4. Ada mode gelap

Selain baik dalam pengaturannya Google Kalender juga memiliki fitur baru. Fitur baru tersebut berupa mode gelap. Kalender yang kita kenal selama ini tidak kita temukan pengaturan mode gelapnya sehingga kita kesulitan dalam menggunakan kalender saat dalam kondisi gelap. Dengan begitu kita menjadi mudah dalam melihat kalender dan tidak terlalu terang dalam melihatnya. Karena Google Kalender sangat mudah dalam pengaturan dalam mode gelap tersebut.

Jadi, mode gelap dalam Google Kalender menjadi sangat istimewa dibanding aplikasi kalender lainnya. Pasti kita tidak menemukanya dalam apk lainnya. Dan itu lebih membuat kalender menjadi lebih baik dan tampilanya menjadi lebih ciamik.


Sekarang Anda dapat berinteraksi langsung dengan kisi Kalender saat membuat atau mengedit acara, agar dapat memilih slot rapat yang sesuai untuk Anda dan para tamu dengan mudah.

5. Adanya kisi kalender

Dengan tampilan gelap yang menjadi keunggulannya, Google Kalender juga memiliki kisi Kalender. Apa fungsi kisi kalender? Dengan kisi kalender kita mudah membuat dan mengedit acara yang akan kita lakukan. Karena dengan kisi Kalender kita dapat berinteraksi langsung dengan apa yang sudah kita rencanakan.

Baca ya: Cara aman membersihkan Smartphone dari virus dan kotoran

Meskipun kita membuat berbagai acara dikalender. Kita belum tentu bisa mengedit dan membuat slot acara dengan mudah. Karena dalam Google kalender kita sangat mudah membuat slot acara dan kita bisa dengan mudah mengundang para tamu.

6. Kegiatan terhubung ke gmail

Kelebihan Google Kalender keenam adalah bahwa aplikasi ini terhubung ke Gmail kita. Jadi, kita lebih mudah mengetahui acara apa yang kita buat dan waktunya kapan. Dengan adanya gmail maka kita setiap ada acara atau pengingat kita selalu diberi notifikasi lewat email. Karena Google Kalender sudah tersinkronisasi dengan Gmail sehingga lebih mudah.

Tidak hanya itu saja. Dengan Google Kalender yang terhubung ke gmail, kita selalu diberi pesan di gmail jadi kita tidak repot dalam memeriksa satu persatu acara di gmail kita. Karena semua akan diberikan pesan lewat gmail kita.

7. Mobile friendly

Mobile Friendly menjadi kelebihan yang terakhir. Karena ini sangat layak di nobatkan ke Google Kalender. Bagi pengguna aplikasi kalender yang Offline pasti sudah langsung bisa menggunakan aplikasi ini. Karena sangat mudah dioprasikan dan mudah digunakan.

Baca ya: Inilah alasan kenapa banyak orang memilih Iphone

Jadi, kita pasti langsung bisa menggunakan Google Kalender saat kita pertama kali mengoprasikanya. Karena aplikasi ini sangatlah mudah dan bagi pengguna baru sangat rekomended.

Kekurangan Google Kalender

Mengenal Google Kalender serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya

Dibalik banyaknya fitur-fitur yang unggul. Google Kalender juga memiliki kekurangan sebagaimana aplikasi yang lain. Berikut bebrapa kekurangan yang dimilikinya:

8. Harus terhubung ke jaringan internet

Kekurangan yang pertama dari Google Kalender adalah harus terhubung ke Internet. Untuk kalian yang akan menggunakan aplikasi ini diharapkan harus memiliki kuota yang cukup. Karena aplikasi Google Kalender membutuhkan koneksi internet untuk menjalankanya. Bagi kalian yang tidak ingin membuat kuota kalian terbuang maka saran saya untuk tidak menginstall aplikasi ini. Dan beralihlah ke aplikasi kalender bawaan smartphone kalian.

Baca ya: Ketahui Cloud storage untuk penyimpanan masa depan

Meskipun Google Kalender membutuhkan koneksi internet. Tetapi masih bisa kita menggunakanya dengan offline. Resikonya kita tidak akan banyak memakai fitur yang dimiliki Google Kalender. Karena fitur-fitur tersebut akan muncul atau bisa digunakan saat kita online saja. Jadi, ini bisa menjadi kekurangan atau bahkan kelebihan yang harus kita perhatikan dengan seksama.

9. Wajib mempunyai akun gmail

Tidak hanya terhubung ke internet saja, tetapi kekurangan Google kalender bisa kita jumpai dengan mudah. Dengan mengetahui bahwa Google Kalender harus mempunyai akun gmail terlebih dahulu. Jika pengguna belum mempunyai gmail maka ia belum bisa menggunakannya. Karena syarat utama untuk bisa menggunakan Google Kalender adalah harus mempunyai email beruap gmail terlebih dahulu.

Itu bisa menjadi hambatan bagi pengguna yahoo mail atau layanan gmail yang lain. Saya sarankan bagi pengguna email lain untuk membuat akun gmail terlebih dahulu. Sebelum menggunakan Google Kalender. Dengan begitu maka kalian akan dengan mudah menggunakan aplikasi tersebut untuk berkegiatan sehari-hari. Baik itu untuk mengatur jadwal kegiatan atau hal-hal yang lain.

10. Fasilitas dikurangi

Kekurangan dari Google Kalender yang ketiga adalah Fasilitas atau fitur dikurangi. Untuk pengguna yang tidak membeli paket Google Suite maka banyak fasilitas yang akan dikurangi dan tidak bisa digunakan. Untuk bisa memaksimalkan fitur di Google Kalender kalian harus membeli paket gsuite terlebih dahulu. Dengan begitu kalian akan diberikan full fitur yang tidak kita temukan di aplikasi gratis yang kalian gunakan.

Baca ya: aplikasi besutan Google yang jarang diungkap

Jadi, apabila kalian ingin menambah atau memaksimalkan Google Kalender kalian resikonya harus membeli terlebih dahulu. Karena aplikasi ini membutuhkan biaya dalam menambah fitur didalamnya dan kita harus dituntut membeli fitur tersebut.

Kesimpulan

Google Kalender adalah layanan dari Google yang memaksimalkan kalender zaman sekarang yang banyak memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi kalender pada biasanya.

Itu tadi sedikit kelebihan dan kekurangan dari Google Kalender yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan semoga harimu menyenangkan Wilujeng.

0 Response to "Mengenal Google Kalender serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel