15 Manfaat Google Clasroom untuk proses belajar mengajar di era milenial

15 Manfaat Google Clasroom untuk proses belajar mengajar di era milenial

Wayah-e_Belajar sudah menjadi kewajiban bagi seseorang yang masih hidup. Belajar tak hanya kita lakukan pada kehidupan nyata. Kita bahkan bisa belajar pada apa yang kita lihat dan apa yang kita rasakan. Belajarpun sekarang bisa kita lakukan di dunia maya atau internet. Dengan semakin pesatnya teknologi maka banyak menghadirkan beberapa media atau sarana aplikasi untuk memudahkan proses pembalajaran. Baik siswa ataupun guru sekarang mudah belajar dengan media tersebut.

Dengan adanya layanan berupa aplikasi maka mudah bagi pelajar untuk belajar pada saat ini. Bagi pelajar millenial pastinya harus mengetahui aplikasi yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran ini. Salah satu aplikasi tersebut adalah Google Classroom.

Baca ya: keunggulan Google Kalender untuk penjadwalan kamu

Kita bisa memanfaatkan Google Classroom untuk proses pembelajaran jarak jauh. Bagi siswa dan guru hal tersebut bisa memudahkan dalam mengerjakan tugas ataupun memberikan tugas bahkan untuk sekedar berbagi kabar.

Banyak yang bertanya apa manfaat Google Classroom untuk siswa dan guru. maupun kebanyakan orang yang menggunakanya. Kita wajib mengetahui segala hal tentang Classroom sebelum kita menginstallnya bahkan menggunakanya. Supaya kita tau cara menggunakan Classroom dengan baik dan benar.

Dalam dunia pendidikan saat ini. Pemanfaatan Google Classroom sangatlah penting untuk pembelajaran jarak jauh. Dengan begitu kita lebih mudah belajar dimanapun dan kapanpun kita berada. Belajar menjadi lebih efisien bagi siswa maupun bagi pelajar yang lain.

Baca ya: ini dia 15 Aplikasi yang bisa menemani kamu saat mencari tempat liburan

Belajar daring semakin digaungkan oleh berbagai lembaga pendidikan saat ini. Maka guru maupun siswa harus bisa beradaptasi dengan menggunakan aplikasi berbasis online. Google Classroom mampu menemani siswa dalam belajar dari saat ini dan memiliki banyak fitur serta bisa digunakan di Pc ataupun Lewat Hp. Sangat mudah digunakan oleh siswa yang masih belajar dengan teknologi belajar online.

Dengan tampilan antar muka yang menarik dan dengan begitu siswa mudah menggunakan Google Classroom. Tak berhenti di situ saja pemanfaatan Google Classroom juga merambah ke dunia kampus. Banyak mahasiswa juga memanfaatkan Classroom untuk sarana kuliah mereka.

Baca ya: Ternyata begini cara belajar dengan cepat dan mudah paham

Pemanfaatan Google Classroom dalam pembelajaran sangatlah berdampak besar. Khususnya dengan diwajibkanya siswa belajar dirumah. Siswa menjadi lebih mudah dalam menerima tugas ataupun mengumpulkan tugas kepada guru mereka. Hal tersebut perlu kita apresiasi karena sangat menjamin tetap terlaksanakanya proses pendidikan.

Banyak hal yang bisa kita manfaatkan didalam aplikasi Google Classroom. Baik dalam segi pendidikan maupun untuk mereka yang ingin belajar mengenal pembelajaran kelas secara daring.

Ada juga aplikasi yang serupa dengan Google Classroom akan tetapi kurang diminati dan terlebih lagi kurang dikenal oleh publik. Sehingga mereka hanya mengetahui Aplikasi besutan Google Ini. Sebenarnya diluar sana masih banyak aplikasi serupa dengan Google Kelas.

Baca ya: Aplikasi ini bisa menemani kamu saat belajar dirumah

Terus apa saja manfaat yang bisa kita rasakan saat memakai aplikasi Google Kelas ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita rasakan.


Manfaat Google Classroom untuk proses belajar mengajar

15 Manfaat Google Clasroom untuk proses belajar mengajar di era milenial

Dengan mengetahui manfaat secara lebih dalam mengenai Google Kelas. Diharapkan seluruh siswa mengerti akan cara ataupun makna dibalik dibuatnya aplikasi ini. Mari kita simak...

1. Memudahkan belajar dari rumah

Bagi siswa dengan adanya Google Classroom memudahkan belajar mereka saat dirumah. Karena dengan belajar lewat daring sekarang lebih mudah dan praktis. Dengan adanya wabah kita masih bisa belajar walaupun dirumah. Masih bisa bertukar informasi mengenai pelajaran atau hal lainya.

Jadi, mereka para siswa dan pelajar bisa belajar dirumah lewat daring dan bimbingan orang tua mereka. Dengan keadaan semacan ini peran orang tua sangat diperlukan dalam pelaksanaan belajar dirumah. Dan Google Classroom sebagai kelas maya sangat efektif sekali.

2. Hemat kertas

Hemat kertas merupakan manfaat paling nyata saat menggunakan Google Kelas. Kita jadi tidak membuang-buang kertas yang sifatnya tidak kekal atau sementara. Adanya GC ini maka semakin sedikit siswa maupun guru dalam menggunakan kertas. Jadi, lebih banyak pula pohon yang tidak ditebang demi selembar kertas.

Baca ya: mengenal aplikasi LinkAja!

Walaupun tak dipungkiri pemakaian kertas pada proses pendikan di Indonesia sangatlah banyak. Kita cenderung lebih banyak menggunakan kertas. Dengan adanya Kelas maya maka setidaknya meminimalisir penggunaan kertas.

3. Belajar menjadi mudah dan efisien

Pastinya dengan memakai media Google Classroom belajar menjadi lebih mudah dan efisien. Karena kita tidak perlu keluar rumah yang berbahaya pada waktu ini. Kita dituntut lebih cerdas dalam memilih belajar yang efektif dan mudah.

Maka pilihan para siswa untuk memudahkan pelajaran mereka adalah dengan Google kelas. Dengan adanya tools yang terdapat di Google Classroom yang dapat membantu proses belajar mereka selama menggunakannya.

4. Adanya penyimpanan gratis

Penyimpanan diperlukan dalam menggunakan sebuah aplikasi. Google Classroom memberikan fitur penyimpanan gratis bagi para penggunanya. Dengan Gdrive mereka bisa menyimpan tugas yang akan diunggah ataupun saat menggungah tugas mereka. Fitur ersebut sangatlah bermanfaat bagi mereka yang tidak memiliki penyimpanan awan atau cloud storage pada smartphone mereka.

5. Pengumpulan tugas menjadi lebih cepat

Tugas yang telah mereka kerjakan langsung bisa diupload di Google Classroom tanpa repot untuk mengirim satu persatu ke guru mereka. Siswa cukup memilih letak untuk mengupload dan tugas bisa langsung di upload.

Baca ya: Cara jitu mempercepat Laptop dan Pc kamu 100%work

Sebelumnya kita masih harus menemui guru ataupun dosen saat mengumpulkan tugas atau makalah. Sekarang di Google Classroom kita cukup sekali klik dan tugas kita sudah sampai dengan cepat. Manfaat lain kita juga bisa melakukan hal lain dan tidak membuang-buang waktu demi mengumpulkan tugas.

6. Mudah mengupload berbagai file

Dalam Google Kelas kita sudah banyak disuport dengan banyak ekstensi file. Seperti, Zip,Rar, pdf,word,exel,ppt,7zip, dan masih banyak lagi. Itu semua memudahkan dalam mengirim tugas. Karena belum tentu ada aplikasi yang banyak mensuport berbagai format file.

Dengan berbagai cara kita bisa mengirim tugas di Google Classroom. Kita tinggal memilih file apa yang kita kirim dan tunggu sampai berhasil mengupload dan selanjutnya tugas bisa terupload dengan cepat dan praktis. Dan usahakan koneksi internet stabil saat mengupload tugas, skripsi, ataupu makalah.

7. Tersinkron ke Gmail

Google Classroom juga memanfaatkan layanan email mereka dalam proses pendaftaran ataupun saat menggunakannya. Karena untuk bisa menggunakan GC kita harus mempunyai email. Dan email tersebut bisa kita jadikan identitas kita.

Otomatis akun Google Kelas kita tersinkron atau terhubung ke Gmail. Saat ada tugas yang diberikan oleh guru atau dosen kita menjadi tahu lewat kotak masuk gmail kita. Usahakan mengaktifkan email yang belum terhubung ke Google kelas.

8. Bisa menautkan berbagai link

Baik pengguna apk Google Classrom yang pc, tablet ataupun smartphone. Mereka juga bisa menggunakan fitur tautkan link. Baik itu link video, gambar, atauoun mengisi kuis lewat google form ataupun doc. Tautan link tersebut bisa berguna untuk mendukung proses pembelajaran di Google kelas.

Baca ya: Cara aman membersihkan Smartphone dari virus dan kotoran

Berbagai link bisa kita masukkan di Google Classroom tanpa harus diblokir ataupun meminta izin terlebih dahulu. Jadi, sekarang ini berbagi link dan menautkanya banyak digunakan oleh layanan aplikasi.

9. Mudah melampirkan video

Video sangat bermanfaat dalam pemahaman siswa akan materi. Dengan mudahnya pelampiran video ke Google Classroom maka menambah kepahaman anak didik mengenai materi yang akan mereka pelajari. Sekarang media video sangat membantu dalam proses pembelajaran daring.

10. Hemat waktu

Manfaat Google kelas yang lain adalah hemat waktu. Bagi siswa, mereka jadi tidak menghabiskan waktu mereka untuk keluar masuk keruangan guru. Mereka cukup memfoto tugas yang mereka kerjakan dan dikumpulkan di Google Classroom mereka masing-masing.

Baca ya: Inilah alasan kenapa banyak orang memilih Iphone

Kita juga tidak membuang-buang waktu untuk mempelajari cara menggunakanya. Karena cara pakai Google Classroom amatlah mudah dan mobile friendly pastinya.

11. Bisa mengobrol lewat chat grub

Dengan memanfaatkan kolom komentar di Google Classroom siswa bisa mengobrol bahkan berdiskusi. Karena kolom komentar bisa digunakan sebagai sarana diskusi mengenai materi pelajaran yang akan mereka pelajari.

Kita juga bisa membuat nama atau username yang unik di Google Classroom untuk memudahkan siswa dalam mengobrol dan berdiskusi. Belajar bisa disampaikan dengan terstruktur dan cepat.

12. Memudahkan belajar jarak jauh

Siswa bisa memanfaatkan Google kelas ini untuk sarana belajar jarak jauh. Bagi mereka yang menginginkan proses belajar bersama teman-teman mereka yang lingkup atau cakupanya jauh. mereka tepat jika memilih Google Classroom sebagai media belajar jarak jauh bagi siswa. Guru juga bisa mengawasi kegiatan anak selama belajar di kelas maya tersebut. Bimbingan orang tua sangatlah diperlukan. Siswa yang jauh bisa terasa dekat saat melakukan belajar bersama.

13. Penyampaian tugas ke siswa lebih mudah

Bagi Guru manfaat yang paling terasa adalah tugas untuk siswa-siswinya menjadi tersampaikan dengan mudah. Tanpa harus memberikanya secara langung. Perlu juga diperhatikan bahwa siswa juga bisa mengecek secara berkala dan memperhatikan pada saat penyampiaan materi oleh gurunya.

14. Penjadwalan tugas yang efektif

Fitur sekaligus manfaat bagi guru ataupun pengajar adalah adanya sistem penjadwalan yang efektif. Dimana guru bisa mengatur jadwal pengumpulan tugas untuk siswanya tanpa harus bingung mengingatkan satu persatu kepada siswa mereka.

Baca ya: aplikasi besutan Google yang jarang diungkap

Serta penjadwalan di Google Classroom ini kita bisa mengetahui siap saja siswa yang mengumpulkan tugas dengan tepat waktu ataupun siswa yang terlambat. Jadi, lebih gampang dan simpel.

15. Mengetahui keadaan siswa dengan cepat

Mengetahui keadaan siswa saat belajar daring juga bisa dilakukan di Google Classroom. Pengajar cukup menambahkan konten atau ruang untuk mengupload foto terbaru mereka ataupun kata kata yang relevan dengan keadaannya saat ini misal. Bagaimana cuaca saat ini di sekitarmu, bagaimana kabarmu hari ini, sudah makan dll. Dengan begitu guru dan siswa menjadi lebih aktif dan terjalin hubungan komunikasi yang erat.


Itu Beberapa manfaat Google Classroom untuk siswa maupun guru dalam proses pembelajaran saat ini. Karena sebuah aplikasi tentunya banyak memiliki kegunaan tersendiri. Maka kita harus menyeleksi mana aplikasi yang merugikan dan tidak efektif.

Semoga apa yang wayah-e berikan bermanfaat bagi semuanya. Sekian semoga bermanfaat semoga harimu menyenangkan Wilujeng

1 Response to "15 Manfaat Google Clasroom untuk proses belajar mengajar di era milenial"

  1. Kalau boleh tahu, kelemahannya yang utama apa ya?

    Sekalian, setting google classroom supaya tugas yang telah dikumpulkan tidak bisa dilihat oleh peserta lain gimana ya?

    Terimakasih.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel