Kelebihan aplikasi siskeudes untuk mengelola dana Desa


Wayah-e_Saat ini di Indonesia tengan gencar-gencarnya bagaimana cara mengelola desanya masing-masing. Serta setelah dikeluarkannya Undang-undang Desa no 6 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa setiap pemerintahan desa diharapkan mampu mengelola serta lebih bersifat mandiri dalam menjalankan pemerintahan di lingkungan desa. Dan diharapkan mampu menggali segala sumber daya yang ada dalam pemerintahan desa dan dimanfaatkan secara seksama dan berguna untuk kemajuan desa. Mampu memnjalankan segala pembangunan guna mensejahterakan masyarakat desa.

Baca juga: kelebihan aplikasi zoom yang jarang diketahui

Maka dari itu pemerintah mengeluarkan aplikasi bernama SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa). Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi untuk memudahkan desa dalam membuat suatu anggaran, serta arsip, mengelola keuangan desa, dan mengembangkan potensi sumber daya desa, aplikasi ini disediakan secara cuma-cuma atau gratis dan terus dikembangkan hingga saat ini.

Aplikasi siskeudes ini dikembangkan sendiri oleh BPKP atau Badan Pengawasan  Keuangan dan Pembangunan dibantu pemerintah, kementerian dalam negeri, dan kementerian keuangan serta bertujuan untuk meningkatkan tujuan dana desa untuk kualitas tata kelola keuangan desa. Serta ada tahap-tahap pengelolaanya anatara lain dimulai melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, tata usaha, serta laporan pertanggung jawaban secara daring. Lewat aplikasi siskeudes

Baca juga: Kelebihan harmony os milik huawei

Setiap pelaksanaan pengelolaan mandiri pada desa maka pemerintah dengan segala perhatianya mengeluarkan sebuah aplikasi guna memudahkan segala urusan dalam pengelolaan dana atau bantuan di desa.

Pemerintahan desa mampu membuat sendiri APBDes atau anggaran pendapatan belanja desa yang mampu dikelola sendiri dan mampu membuat masyarakat menjadi pro aktiv dalam membantu pemerintahan desa untuk mengelola pendapatan desa yang lebih transparan, serta mandiri dan bertanggung jawab.

Ada berbagai versi aplikasi siskeudes yang dikembangkan mulai dari awal hingga saat ini versi 2.0.

Berikut Wayah-e akan memaparkan beberapa kelebihan aplikasi siskeudes yang jarang diketahui banyak orang? Berikut marilah kita simak....




Kelebihan Aplikasi SisKeuDes untuk Mengelola Dana Desa


1. Telah mengakomodir seluruh regulasi keuangan desa

Maksudnya siskeudes dapat mengelola seluruh dana yang masuk ke pemerintahan desa dan dikelola dengan seksama.

2. Sudah terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, hingga pertanggungjawaban

Siskeudes telah dirancang khusus serta diharapkan dapat mengelola keuangan mulai dari awal perencanaan hingga laporan pertanggung jawaban semua sudah ada prosesnya tinggal pemerintahan desa yang melaksanakanya.

Baca jugaCara ampuh memaksimalkan perangkat android

3. User friendly atau mudah penggunaanya

Mudah digunakan, aplikasi ini didesain khusus oleh pemerintah dengan harapan mampu mempermudah penggunaan terhadap pemerintah desa maupun masyarakat desa tersebut. Yang rata-rata belum mengetahui seluk beluk aplikasi.

4. Memungkinkan pemindahan data secara offline

Dengan adanya siskeudes para pemerintahan desa mengelola dengan seksama seluruh SDAnya dan disimpan serta dikelola pada aplikasi siskeudes kemudian setiap saat bisa dicadangkan baik dalam jaringan ataupun luar jaringan. Tergantung dari segi pemanfaatannya.

5. Memiliki sistem pengendalian intern yang baik

Sistem intern sangat diperluka sebagai cara mempermudah pengelolaan di dalam aplikasi tersebut serta mempermudah alokasi dana.

6. Sangat efektif karena entry data

Keefektifan sangat diperlukan dalam memasukkan semua data ke aplikasi tersebut maka aplikasi siskeudes didesain untuk memudahkan penginputan data dari lapangan maupun dari semua pengelolaan di pemerintahan desa.

7. Mudah menginstall aplikasinya
Kelebihan yang lain dibalik aplikasi yang user friendly aplikasi siskeudes juga sangat mudah penginstallannya. Karena aplikasi ini bisa diinstall di mobile maupun di desktop. Serta ukuranya yang cukup kecil. Biasa diinstall disini

8. Didukung oleh petunjuk manual aplikasi yang tersedia di playstore

Selain penginstallannya mudah aplikasi siskeudes juga ada panduan penggunaanya supaya anggota atau pelaksana pemerintahan desa tidak kesulitan pada saat penggunaan dan penerapan aplikasi tersebut.


9. Perbaikan setiap saat karena dikembangkan langsung oleh pemerintah pusat

Karena aplikasi ini dikembangkan oleh pemerintah maka setiap saat selalu diperbaharui supaya mempermudah pengelolaan dan update fitur terbaru supaya terjadi transparansi alokasi dana. Maka pemerintah diwajibkan untuk memperbaharui aplikasi ini, supaya pada saat menjalankanya tidak ada kendala apapun.

Baca juga: Cara membersihkan hp dengan baik agar terhindar dari virus

10. Dapat diakses oleh PEMDA dan PEMKOT dalam mengawasi pengelolaan dana di desa

Dibalik diawasi langsung oleh pemerintah pusat aplikasi siskeudes juga bisa diakses ole pemerintahan daerah serta kota dalam penggunaan dana dari pemerintah, maka mempermudah pengawasan serta transparansi dana.


11. Aplikasi tersebut memuat segala bentuk tujuan, latar belakang, visi, misi, dan harapan aplikasi siskeudes

Selain digunakan untuk mengelola dan mengalokasikan dana desa didalamnya juga memuat tujuan serta latar belakang diciptakanya aplikasi siskeudes supaya para penggunannya dapat melihat dan membaca apa yang diinginkan pemerintah kepada para penggunanya serta kepada desa tersebut.



Itu tadi beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi SisKeuDes yang tengah dikembangkan oleh pemerintah dan sedang diterapkan di seluruh desa di Indonesia. Semoga aplikasi itu bisa membantu mengembangkan potensi desa dan mengelola desa supaya lebih sejahtera lagi. Kelebihan itu tadi dikutip langsung oleh bpkp selaku lembaga pemerintahan.
Sekian dari Wayah-e semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan bisa komentar dibawah. See you next time

0 Response to "Kelebihan aplikasi siskeudes untuk mengelola dana Desa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel