10 Fitur, Kelebihan dan kekurangan Google Meet, Lengkap!

10 Fitur, Kelebihan dan kekurangan Google Meet, Lengkap!

Wayah-e_Kini banyak orang yang memanfaatkan aplikasi guna memudahkan dalam bertemu dan sekedar bertatap muka lewat layar. Umumnya mereka tidak ingin repot dalam bertegur sapa. Aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk bertemu lewat layar smartphone adalah video conference atau yang lebih familiar disebut dengan video grub. Banyak hal yang dapat kita lakukan didalamnya. Mulai dari, berkirim dokumen, gambar, file, video, live video, layanan diskusi, dan masih banyak lagi.

Baca ya: ini dia 15 Aplikasi yang bisa menemani kamu saat mencari tempat liburan

Memang sekarang orang banyak memanfaatkan aplikasi video conference. Dengan adanya wabah yang mengharuskan kita tidak bertemu secara langsung. Setidaknya kita bisa mengobati rasa kangen dengan keluarga atau teman dengan aplikasi video grub tersebut. Dengan begitu kita tidak merasa khawatir dengan keadaan yang demikian sekarang.

Sudah tersedia deretan layanan video conference di playstore ataupun app store. Untuk memudahkan kita dalam menggunakanya dan memanfaatkannya. Salah satunya adalah perusahaan aplikasi terbesar yaitu Google. Google sendiri membuat layanan video conference yang mereka namakan dengan Google Meet. Dengan banyak keunggulan yang dimilikinya.

Dengan begitu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Google Meet. Google Meet sendiri yang kita kenal sebagai layanan video conference yang aman dan menyediakan berbagai fitur dan tampilan yang menarik.

Kita bisa menggunakan Google Meet untuk bertukar kabar dan melepas rasa rindu. Kita juga bisa memanfaatkan layanannya guna berdiskusi, membuat kelas, dan masih banyak lagi. Google Meet dibanding aplikasi Zoom atau aplikasi yang serupa memang banyak memiliki ciri khas sendiri. Baik itu dari penampilan aplikasinya maupun sistem yang digunakannya.

Ada berbagai alasan menggunakan aplikasi Google Meet ini. Mulai dari keamanan yang terjamin sampai dengan banyaknya fitur-fitur didalamnya. Tak jarang kebanyakan orang lebih memilih Google Meet dibanding Zoom atau aplikasi serupa.

Baca ya: Skype alternatif VC, mempunyai keunggulan tersendiri

Kita bisa mendapat berbagai fitur-fitur di Google Meet yang tidak dimiliki aplikasi sejenis. Adapun cara menggunakan Google Meet ini juga sangat mudah, tidak mempersulit para penggunanya. Sehingga lebih efektif dan efisien.

Sebelum membahas mengenai Apa saja Keunggulan dan kelemahan Google Meet. Alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu Google Meet? Serta apa manfaatnya?

Apa itu Google Meet?

Google Meet adalah aplikasi besutan Google yang bergerak atau memfokuskan penerapanya di bidang live video atau istilah kerenya Video Conference. Dalam Aplikasi tersebut kita bisa bertatap muka secara langsung dan efektif.

Baca ya: Cara jitu mempercepat Laptop dan Pc kamu 100%work

Sejarah aplikasi ini, bermula saat Google Hangouts tidak begitu banyak dikenal oleh masyarakat, maka Google Menciptakan aplikasi serupa akan tetapi lebih menawarkan berbagai keunggulan didalamnya dan aplikasi itu diberinama Google Meet. Beberapa bulan lalu pernah bernama Google Hangouts Meets.

Kelebihan dari Google Meet

10 Fitur, Kelebihan dan kekurangan Google Meet, Lengkap!

Sebelum kalian menginstallnya lebih baik perhatikan dulu apa yang menjadi kelebihan dari aplikasi Google Meet ini. Berikut telah kami sajikan mari kita simak:

1. Adanya fitur White Board

Kelebihan pertama dari Google Meet adalah adanya fitur White board. Dimana kita bisa membuat tulisan dan kata-kata dalam fitur white board tersebut. Apa saja keuntungan dari adanya fitur white board di Google Meet. Sekarang white board lebih sering digunakan dalam hal pendidikan dan saat menerangkan. Karena white board ringan dijalankan dalam aplikasi dibanding papan yang animasi atau bergambar. Yang hasilnya juga lebih bagus white board.

Kelebihan white board ini bisa digunakan untuk sarana penjelasan berupa gambar atau angka. Yang sulit dijelaskan dengan menggunakan lisan. Maka Google Meet memudahkan para penggunannya dengan itu.

2. Tersedia Gratis

Sekarang Google Meet memberikan kebebasan untuk menginstall aplikasi ini. Karena sekarang sudah tersedia secara gratis dan bisa kalian unduh di Playstore atau app store bagi pengguna ios. Google Meet ingin membuktikan bahwa layanannya lebih bagus dibanding dengan video conference yang lain, bahwa aplikasi ini terbukti baik dan layak jika digratiskan saat ini oleh Google. Dengan gratis kita lebih leluasa menggunakan aplikasi ini tanpa takut dengan biaya pembayaran yang harus dikeluarkan. Yang pasti mahal.

Baca ya: Cara aman membersihkan Smartphone dari virus dan kotoran

Dulu Google Meet tersedia secara berbayar, yang membuat tidak banyak orang yang menginstallnya. Sekarang Google Meet lebih mengerti tentang keinginan penggunanya dengan memberikan fitur atau akses gratis bagi aplikasi buatanya.

3. Tampilan video yang HD dan suport resolusi lain

Kelebihan Google Meet ketiga adalah tampilan yang disedikan sudah HD (High Definition) dan juga bisa menyediakan resolusi yang terdapat pada smartphone kalian. Sehingga tampilan menjadi lebih jernih dan sesuai dengan keinginan kalian. Dibalik tampilan yang HD, Google Meet juga memberikan tampilan antar muka yang baik dan jernih serta mudah penggunaanya. Sehingga ditambah dengan resolusi yang baik, menambah istimewa aplikasi ini, layak untuk diinstall aplikasi ini.

4. Mudah penggunaanya

Tak berhenti pada tampilan yang HD. Google Meet juga sangat mudah pengoprasiannya, tidak seperti aplikasi yang lainya, yang membutuhkan beberapa tahap yang rumit dan menguras waktu. Untuk bisa menggunakan Google Meet, teman-teman cukup memiliki akun Google untuk mendaftar ke aplikasinya, dan tidak membutuhkan tahap-tahap yang lainnya.

Baca ya: inilah alasan kenapa banyak orang memilih Iphone

Dengan akun Google maka kalian bisa menggunakan Google Meet dengan mudah dan cepat. Tidak usah repot registrasi dan membutuhkan step yang banyak. Untuk kalian yang baru menggunakan Google Meet pasti bisa. Dan itu menunjukkan mudah dalam pengoprasiannya.

5. Layanan Enkripsi video

Layanan enkripsi video saat ini memang harus ada disetiap aplikasi video Conference. Mengapa? Dengan adanya layanan Enkripsi video maka data kita tidak akan disalah gunakan. Google Meet memberikan layanan tersebut untuk menjaga kerahasiaan data para penggunanya. Supaya kita tidak khawatir akan pencurian dan jula beli data kita.

Google Meet memberikan fitur ini karena menyusul dengan banyaknya keluhan dari pengguna vc yang lain. Yang menyatakan banyaknya data yang dijual entah di gunakan untuk apa. Google Meet dengan enkripsinya, maka data kita langsung dibuat enkripsi dan otomatis dilenyapkan tanpa harus ada yang melihatnya.

6. Banyak pilihan Tampilan yang menarik

Kelebihan yang ke enam dari Google Meet adalah banyak pilihan tampilan yang menarik dan unik pastinya. Sehingga kita tidak akan bosan lagi saat menggunakan Google Meet ini. Dengan tampilan video conference yang dapat diatur sesuai keinginan kita, maka kita bisa menyesuaikan tata letak dan pilihan posisi yang pas dan baik.

Tampilan yang menarik sangat dibutuhkan, karena dengan tampilan antar muka yang bagus setiap pengguna Google Meet akan betah dan nyaman. Karena rasa nyaman saat menggunakan aplikasi sangat jarang kita temui.

7. Dapat mengundang hingga 100 peserta

Teman-teman bisa mengundang peserta hingga 100 orang, akan tetapi di Google Meet kita hanya dibatasi 25 orang. Kalau 100 orang teman-teman bisa berlangganan dengan G suite yang lebih lengkap dan aman. Kalau masih Menggunakan Google Meet yang versi free kita hanya dibatasi 25 orang/lebih, jika berlangganan Google Suite maka bertambah menjadi 100 atau sampai 250 pengguna.

Baca ya: ketahui Cloud storage untuk penyimpanan masa depan

Fitur tersebut terbatas untuk pengguna Google Meet yang free. Tatapi untuk yang sudah mendaftar ke produk Google Suite. Semua bisa menjadi lebih banyak dan mudah pastinya.

Kelemahan Google Meet

10 Fitur, Kelebihan dan kekurangan Google Meet, Lengkap!

Setiap aplikasi VC pasti memiliki celah kekurangan didalamnya. Begitu juga dengan Google Meet yang memiliki Kelemahan dan kurang lebih juga memiliki hal tersebut, berikut:


8. Tidak adanya Fitur Hemat Data

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Google Meet adalah mereka belum mempunyai fitur penghemat data saat panggilan berlangsung. Dengan fitur tersebut kita bisa meminimalisir data yang terpakai dan tidak saat menggunakan Google Meet. Dengan begitu tidak ada lagi persoalan bahwa kita harus mengatur dulu hemat data di Smartphone kita yang kurang lebih juga tidak berpengaruh sedikitpun. Fitur tersebut harus dihadirkan dalam aplikasi Video Conference saat ini.

Dengan tidak adanya fitur hemat data, kemungkina terbesar saat kita menggunakan Google Meet adalah data kita menjadi boros dan terbuang percuma pada saat kita memakainya. Sehingga kita harus mempersiapkan data yang banyak saat mengobrol menggunakan Google Meet supaya kita tidak akan mengalami keluhan. Seperti data terputus dan berbagai alasan lainnya.

9. Belum semua fasilitas Free

Ini dia kekurangan yang banyak dikeluhkan oleh pengguna Google Meet. Bahwa kita harus membeli paket dari Google Suite sebelum menggunakan fitur-fitur yang lebih banyak dan lengkap. Dengan dibatasi fiturnya kita menjadi tidak bisa leluasa untuk memakai Google Meet. Kita harus membayar dulu sebelum menggunakan beberapa fitur yang lengkap seperti paket 100 pengguna dan masih banyak paket yang lain di Google Meet.

Baca ya: ada alternatif search engine yang aman selain Google 

Fasilitas atau fitur yang bebas bisa menambah banyak pengguna Google Meet. Akan tetapi untuk saat ini pihak Google belum mau memberikan semua fitur tersebut kepada kita secara gratis. Bagi yang menginginkan fitur yang lengkap dan banyak di Google Meet, kalian bisa berlangganan ke Google Suite. Akan tetapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit juga dan keterbatasan penggunaan.

10. Membutuhkan jaringan internet yang stabil

Kekurangan yang ketiga dari Google Meet yaitu kita membutuhkan koneksi jaringan yang stabil. Tidak jaringan yang cepat saja akan tetapi yang stabil. Karena dengan jaringan yang stabil Google Meet bisa beroprasi sebagaimana mestinya dan bekerja dengan baik. Tanpa jaringan yang stabil tidak akan kalian nikmati layanan terbaik darinya.

Jaringan yang stabil juga tidak hanya dikeluhkan oleh Gooogle Meet saja. Tetapi layanan Video Conference juga mempunyai kelemahan jika koneksi jaringan saat menggunakan aplikasinya juga jelek. Karena bisa membuat delay saat digunakan dan tidak merasa nyaman.


Kesimpulan

Google Meet adalah layanan atau produk yang dikembangkan oleh Google untuk memudahkan berkomunikasi lewat layar smartphone secara langsung dan cepat. Serta menyediakan tampilan yang menarik dan mendukung keamanan data pribadi kita.

Demikian apa yang bisa Wayah-e berikan. Dari pembahasan Kelebihan dan kekurangan Google Meet yang perlu kita perhatikan sebelum menginstallnya dan menggunakanya.

Semoga bermanfaat, semoga harimu menyenangkan Wilujeng

Membacalah agar dirimu tidak mudah dibaca @Mbah_Sulz

6 Responses to "10 Fitur, Kelebihan dan kekurangan Google Meet, Lengkap!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel