Kelebihan dan Keunggulan Google Form untuk membuat kuis


Wayah-e_Dunia Pendidikan tak jarang membuat kita harus membuat suatu kuis atau kuisioner untuk memenuhi tugas atau tak jarang sebagai cara kita untuk mengumpulkan berbagai informasi. Dengan berbagai perespon atau responden dari berbagai kalangan memudahkan kita mendapat informasi dan mudah untuk mengelola segala informasi tersebut.

Baca juga: Ini dia Kelebihan MIUI 12 os milik xiaomi

Dengan berkembangnya teknologi dan dunia informasi yang begitu cepatnya maka kita lebih mudah membuat sebuah kuis dan kusioner atau survei dengan berbagai tema atau tujuan yang berbeda maka dengan itu hadirlah sebuah aplikasi dan layanan besutan dari Google yaitu Google form.


Banyak fitur di dalam Google Form yang dapat membuat kuis kita menjadi lebih menarik dan tak membosankan lagi pastinya. Kuis yang dibuat di Google Form menyediakan banyak pilihan template serta tampilan sesuai keinginan kita.

Baca juga: 11 Kelebihan memakai iphone yang harus diketahui

Google menyediakan kuisioner bernama Google Formulir dengan gratis dan dapat kita download di playstore. Banyak dari kita yang sudah atau bahkan belum menggunakanya akan tetapi kita harus tahu dahulu apa saja sih kelebihan dan keunggulan kusioner Google Form milik Google ini.


Berikut Wayah-e akan memberikan beberapa Kelebihan dan Keunggulan Google Form yang bisa menjadi pilihan anda dalam melakukan survei atau sekedar mencari informasi. Kuy simak ya.




Kelebihan dan Keuntungan Google Form

Sebelum menginjak pada topik atau bahasan utama kita mengenai Kelebihan dan Keunggulan Google Form kita harus mengetahui dulu apa sih Google Form atau Formulir itu sendiri?


Apa sih Google Form?


Google Form adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan atau pihak Google untuk memudahakan kita dalam membuat suatu kuis, kusioner, dan survei untuk digunakan sebagai mengumpulkan berbagai informasi baik dalam dunia pendidikan, sosial, ekonomi ataupun budaya.

Baca juga: Ada banyak kelebihan harmony os milik Huawei

Perlu kita ketahui dulu Google Form secara lebih rinci supaya kita bisa memahami apa saja kelebihan dan keuntungan yang bisa kita peroleh dari Google From. Sebagian dari kita perlu mengetahui manfaat Google From dalam kegiatan di daring atau media sosial kita bahkan dalam dunia pendidikan.


Banyak dari netizen atau masyarakat menyebut Google Form dengan sebutan Google Formulir karena isi di dalam Google Form mirip dengan formulir yang digunakan sebagai survei dan banyak mengandung kuis serta jawaban singkat. Memudahkan teman-teman dalam mengumpulkan berbagai pendapat dari orang banyak dan dalam waktu singkat.

Baca juga: Kelebihan aplikasi siskeudes mengelola keuangan desa

Isi dari Google Form sendiri bisa kita atur sesuai kebutuhan sehingga memudahkan kita dalam merencanakan sebuah kuis serta survei yang menarik sehingga responden bisa puas dengan pertanyaan dan kuis yang kita buat di halaman Google Form kita. Tak terkecuali mudahnya dalam hal pengisian Formulir tersebut.


Form atau Formulir yang telah kita buat bisa langsung dihubungkan dengan Spreadsheet sehingga saling keterhubungan dari berbagai keadaan. Serta Respon dan tanggapan bisa langsung terkirim ke spreadsheet kita. Akan tetapi jika teman-teman ingin melihat secara detailnya bisa melihatnya di halaman ringkasan tanggapan di Google Form tepatnya di menu tanggapan.

Baca juga: Beberapa kelebihan aplikasi Zoom Cloud Meeting

Pengguna Google Form tak banyak menduga bahwa aplikasi Form ini terhubungan secara langsung ke Google atau tersinkronisasi dengan layanan Google yang lain seperti Google Drive yang sifatnya adalah penyimpanan awan atau cloud Storage. Jadi bisa dikatakan bahwa Google Form berhubungan langsung dan sebagian fitur dari Google Drive maka jangan salah lagi ya. Hal ini dibuktikan dengan sebelum teman-teman membuat Form maka teman-teman harus login dengan akun Gmail Google teman-teman.


Menggunakan SpreadSheet di Google From maka dengan mudah kita bisa mengetahui siapa saja atau mampu menunjukkan bagaimana menggunakan perangkat atau layanan itu. Serta mampu memberikan berbagai pertanyaan yang kita inginkan, baik itu berupa teks soal, esai, pilihan ganda ataupun soal singkat dengan mudah dan cepat pula.

Baca juga: 8 cara ini ampuh memaksimalkan android anda

Banyak hal yang bisa kita lakukan di Google From mulai dari membuat sebuah pertanyaan singkat dengan jawabannya juga, pilihan ganda, soal 2 baris, serta pertanyaan dalam jumlah yang banyak dan berfariasi atau bertingkat tingkat. Lebih asyiknya lagi kita bisa mengatur template atau pengaturan tema Form kita dengan berbagai hal yang menarik dan cantik yang membuat orang yang kita berikan Form tersebut menjadi betah.


Semakin banyak fitur maka pengguna Google Form akan semakin mudah dalam membuat Formulir yang dia inginkan serta lebih memanfaatkan Google Form dengan baik dan sesuai aturan yang telah diberikan oleh pihak Google. Berikut Wayah-e akan memberikan beberapa Kelebihan dan Keuntungan memakai
Google form... sKuy simak berikut ini..



Kelebihan dan keunggulan Google Form




Kelebihan Google Form atau Formulir

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh jika kita mengetahui kelebihan dari Google Form ini, kuy simak beberapa kelebihannya..


1. Tampilan tema yang unik

Tema yang banyak dan menarik menjadi kelebihan Google Form yang tersedikan di menu Google Form karena dengan tema yang banyak membuat para penggunanya tidak merasa bosan saat membuat kuis dan Form. Serta membuat sebuah kuis menjadi hidup.

Baca juga: Kelebihan dan Keunggulan microsoft teams yang jarang diketahui

2. Url yang bisa diperpendek

Kelebihan dari Google Form dibidang url menyediakan pengeditan URL, yang semula panjang bisa diperpendek supaya kita mudah untuk membagikan kuis yang telah dibuat. Url yang pendek dibuat oleh Google Form supaya kita mudah mengingat alamat Form kita.


3. Mudah digunakan pastinya

Teman-teman yang baru mengenal sebuah Formulir maka sudah pasti bisa menggunakan Google Form ini karena sudah didesain mobile friendly sehingga mudah dalam penggunaan serta adanya keunggulan baik itu yang membuat Form maupun yang menggunakan Form tersebut.


4. Tidak berbayar atau gratis

Teman-teman dengan bebas bisa membuat Formulir di Google Form tanpa takut untuk ditagih biaya penggunaan, karena Google Form tersedia secara cuma-cuma atau gratis dan dapat di download di playstore secara gratis. Kelebihan lain, Sangat mudah dan bebas biaya yang menjadi keunggulan Google Form dibanding aplikasi serupa.

Baca juga: cara jitu memaksimalkan kinerja laptop

5. Mudah dibagikan atau dishare

Sangat mudah dalam membagikan Form yang telah dibuat ke berbagai perangkat mobile dan dekstop serta ke platform yang lain. Kelebihan Google Form sendiri telah menjamin terpenuhinya layanan share ke berbagai perangkat hp maupun ke yang lainya. Dengan begitu semua kuis bisa di bagikan dan bisa tercapai seluruh informasi yang diinginkan


6. Pengoprasian sangat ringan

Pengoprasian yang ringan membuat Google Form mudah dalam mengaksesnya serta tidak butuh lama dalam mengedit serta hasilnya tidak berukuran besar. Sehingga pada saat mengoprasikan Google Form tidak ada kendala yang serius bahkan terbilang lancar.


7. Adanya fitur SpreadSheets

Fitur Spreadsheets menjadi kelebihan Google Form karena bisa mengetahui hasil dari kuis atau Form yang telah dijawab oleh responden yang telah kita bagikan. Dengan fitur spreadsheets di Google Form kita bisa mengetahui dengan detail tanggapan yang telah diberikan serta kapan terkirim Form tersebut dan kita dapat mengetahui tanggal terkirim Formnya.

Baca juga: Cara cepat belajar menggunakan Microsoft Teams


8. Banyak pilihan menu kuis

Fitur yang sangat bermanfaat selanjutnya adalah terdapat banyak pilihan menu kuis di Google Form sehingga kita bisa leluasa mengedit serta berbagai pertanyaan mulai dari tanya jawab, pilihan ganda, soal pendek, jawaban singkat serta masih banyak menu yang lain. Kelebihan Google Form yang lain bisa menjadi pilihan dalam membuat soal online untuk ujian atau hal lainnya.








Kesimpulan

Google Form memudahkan kita dalam membuat suatu kuis dan kusioner lewat online. Google telah membuat sedemikian rupa sehingga kita mudah dalam membuat serta mengoprasikan Google Form tersebut. Banyak kelebihan dan keunggulan yang dimiliki Google Form, mulai dari gratis, fitur spreadsheet, pilihan menu yang banyak serta masih banyak kelebihan yang lain yang masih belum disentuh atau terlihat.


Dibalik kelebihan yang banyak pasti ada kekurangan yang mengiringi Google Form yang dapat kita rasakan pada saat menggunakanya. Sekian dari Wayah-e kalau ada yang ditanyakan silahkan dicantumkan di kolom komentar dibawah.


Semoga bermanfaat, semoga harimu menyenangkan
#Wilujeng

0 Response to "Kelebihan dan Keunggulan Google Form untuk membuat kuis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel