10 kelebihan dan kekurangan cisco webex yang harus diketahui

10 kelebihan dan kekurangan cisco webex yang harus diketahui

Wayah-e_layanan live video saat ini memang sedang gencar-gencarnya digunakan oleh banyak orang. Dan sudah menjadi barang wajib saat ini. Dengan adanya social distancing maka menyebabkan banyak orang yang harus berjauh-jauhan. Maka tak jarang orang memanfaatkan aplikasi video conference untuk sekedar bertegur sapa ataupun bekerja. Banyak kelebihan yang bisa kita ambil dari aplikasi video conference tersebut.

Penyedia layanan aplikasi live video juga banyak di install saat ini salah satunya adalah aplikasi besutan dari cisco yang mempunyai keunggulan dalam bervideo yang bernama Cisco Webex.

Baca ya: Ternyata Ini kelebihan microsoft teams alternatif selain zoom

Apa saja kelebihan dan kekurangan Cisco Webex? Cisco Webex merupakan aplikasi Video Conference yang bisa dikatakan paling populer dan pesaing Zoom maupun MS Teams dan dibandingkan dengan aplikasi video Conference lainnnya.

Apalagi Cisco Webex sudah mengalami berbagai macam perubahan yang membuat aplikasi ini semakin banyak digunakan. Jika di awal perkenalannya tidak banyak diketahui, Cisco Webex tidak banyak digunakan untuk layanan bertatap muka lewat video langsung. Sekarang teman-teman sudah bisa berbagi video secara langsung baik itu berupa teks obrolan atau live video seperti yang ada pada saat ini yang kita nikmati.

Selain itu, Cisco Webex juga bisa digunakan oleh seluruh tipe sistem operasi. Alasan lain mengapa banyak para pengguna Webex adalah karena aplikasi ini menawarkan bermacam-macam layanan video conference.

Baca ya: 15 keunggulan dari aplikasi Telegram pesaing Wa

Jadi, dengan begitu banyaknya layanan yang disediakan oleh Cisco Webex meeting sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi, bertatap muka lewat video secara langsung sehingga lebih mudah dan efisien. Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan Cisco Webex? Akan tetapi aplikasi ini sekilas tidak ada kekuranganya.


Kelebihan Cisco Webex

Di bawah ini kami akan memberikan sedikit informasi penting tentang apa saja yang menjadi kelebihan Cisco Webex:

1. Kualitas Video HD

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Cisco Webex adalah aplikasi ini akan memberikan layanan kepuasan kepada penggunanya dengan tampilan video yang HD (high definition). Jadi, ketika teman-teman sedang dalam kegiatan atau sedang berkomunikasi lewat video tidak khawatir akan kualitas sebuah video yang buruk atau bisa dibilang buram. Maka teman-teman tidak perlu repot-repot mengatur tampilannya atau menyangka bahwa video yang disediakan oleh Cisco Webex dalam keadaan yang berpixel rendah sehingga blur.

Tentunya dengan kelebihan seperti ini maka penggunaan Cisco Webex menjadi lebih nyaman dan efektif. Teman-teman juga tidak perlu mengira bahwa tampilan yang diberikan oleh Cisco Webex tidak sebaik pesaingnya.

2. Mobile Friendly

Sudah bukan rahasia lagi jika Cisco Webex merupakan aplikasi video conference yang mudah digunakan. Bahkan orang yang baru megang smartphone atau ponsel pun tidak akan kesulitan ketika menggunakan Cisco Webex pertama kali. Selain itu, aplikasi ini juga tidak harus membutuhkan sebuah registrasi yang rumit dan membingungkan yang menyita banyak waktu. Yang Anda perlukan hanyalah memiliki sebuah akun gmail atau email yang lainya yang akan Anda jadikan sebagai akun Webex teman-teman.

Baca ya: Ketahui dulu keunggulan aplikasi ini untuk cegah covid-19

Selain itu juga, Cisco Webex tidak terbatas pada tipe smartphone dan suatu sistem operasi tertentu. Semua merk smartphone dan sistem operasi sudah kompatibel dengan salah satu aplikasi video conference yang juga terbaik dan cukup banyak digunakan di seluruh belahan dunia.

3. Mudah membagikan layar ke semua orang

Kelebihan Cisco Webex yang ketiga adalah Mudah membagikan layar ke semua orang. Cisco Webex adalah aplikasi yang sangat fleksibel dalam membagikan sebuah video atau tayangan langsungnya ke berbagai teman atau rekan kerja dsb. Dengan begitu maka sangat mudah mengetahui keadaan atau kegiatan seseorang dalam bervideo. Maka teman-teman tidak pusing-pusing lagi harus membagikan video ke siapa dan bagaimana. Di Cisco Webex meeting sudah dipersiapkan dan sudah ada, tinggal kita saja yang memanfaatknya dengan sebaik mungkin.

4. Adanya Fitur Google Assistant

Apakah teman-teman menyangka bahwa Cisco Webex Meeting menyediakan fitur perintah suara dengan google assistant dan Google home hub yang dapat memudahkan dalam mencari sesuatu atau berbicara. Cisco Webex juga sudah menyediakan fitur ini dengan tujuan untuk memudahkan suatu percakapan dan memudahkan suatu ponsel dalam mencari segala berita dan sebagainya di google dan apaupun yang ia inginkan. Artinya, dengan fitur tersebut maka semakin nyaman dalam menggunakan Cisco Webex dengan dukungan google assistant itu.

Baca ya: Inilah cara memaksimalkan kinerja laptop

Jadi, bagi teman-temam yang tidak ingin repot dalam mencari sesuatu maka cukup berbicara saja maka informasi akan didapat dengan mudah. Teman-teman juga bisa mengetik liwat google Assistant sehingga pada saat mengobrol lewat chat di Cisco Webex tidak lama dan menguras waktu yang banyak.

5. Tata letak video yang dapat disesuaikan sesuai keinginan

Tidak seperti Aplikasi Video Conference yang lain, bahwa Cisco Webex sendiri memiliki fitur atau pengaturan yang tidak semua aplikasi serupa memilikinya. Fitur atau pengaturan tersebut adalah mengenai tata letak tampilan video, teman-teman bisa sesuka hati memilih letak video dan mengaturnya di berbagai tempat atau di bagian layar yang lain sehingga memudahkan para penggunanya dan tidak mudah bosan. Teman-teman juga bisa berbagi video dan bervideo tanpa susah-susah memilih letak video,Cisco Webex sudah menyediakan pengaturan tersebut dan dapat diatur semenarik mungkin.

Bukan hanya itu saja, teman-teman juga bisa meletakkan bagian video teman atau rekan di bagian tertentu dan dapat diperbesar atau diperkecil sesuai keinginan teman-teman. Dengan begitu, teman-teman tidak perlu khawatir tentang ukuran video atau letak yang monoton dan tidak bisa dirubah di Cisco Webex semua bisa dan sesuai apa yang teman-teman inginkan. Mudah bukan.

6. Tersedia secara gratis

Tak berhenti disitu saja kelebihan Cisco Webex yang banyak diketahui adalah Aplikasi ini tersedia secara gratis dan tidak berbayar sedikitpun. Dengan mudah teman-teman bisa mendownloadnya di playstore kapanpun dan dimanapun.

Baca ya: 8 aplikasi google ini jarang diketahui kebanyakan orang

Aplikasi ini dengan segala kelebihanya dan tersedia secara gratis maka patut untuk menjadi pesaing Zoom dan Google Hangouts. Serta Sudah banyak tersedia secara gratis di app store maupun kalian bisa mendownloadnya langsung di situs web di Internet. Itu salah satu kelebihan aplikasi besutan perusahaan cisco ini.


Kekurangan Cisco Webex

10 kelebihan dan kekurangan cisco webex yang harus diketahui

Tak dapat dipungkiri sebaik apapun aplikasi pasti juga memiliki kekurangan. Bahkan Cisco Webex yang cukup terkenal pun tak luput dari kekurangan yang perlu teman-teman ketahui juga.

1. Tidak begitu dikenal

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Cisco Webex adalah aplikasi tidak banyak dikenal oleh banyak orang sehingga sebangak apapun kelebihanya maka tak akan berguna jika tidak ada yang memanfaatkanya atau memakainya. Sebenarnya masalah tidak dikenal atau tidaknya sebuah layanan video conference itu merupakan kemauan konsumen atau pengguna masing-masing. Ada pengguna yang menganggap aplikasi tersebut layak. Ada juga yang merasa tidak layak. Mereka juga berpendapat bahwa seterkenal apapun sebuah aplikasi tidak menjamin akan tetap disukai penggunanya. Maka Cisco Webex terus mempromosikan aplikasi ini.

Baca ya: Banyak digunakan, ternyata ini kelebihan pakai iphone

Akan tetapi, sepertinya pihak Cisco Webex merespon hal tersebut dan sekarang telah membuat suatu pengenalan yang lebih baik lagi pastinya. Artinya, untuk kekurangan yang pertama ini sepertinya sudah tidak kita temukan lagi pada Cisco Webex. Dengan catatan semua aplikasi juga tidak harus terkenal dulu sebelum bermanfaat.

2. Fitur Penjadwalan yang kurang menarik

Masalah kedua yang dinilai sebagai kekurangan dari Cisco Webex adalah aplikasi ini menyediakan penjadwalan yang kurang begitu menarik. Sebenarnya bukan hanya aplikasi Cisco Webex saja yang kurang menarik akan tampilanya. Mayoritas aplikasi video conference di android pun juga memiliki tampilan yang kurang memuasakan. Maka sebaiknya setiap aplikasi memperhatikan tampilan antar mukanya.

Meskipun begitu, Anda juga harus cermat meminta Cisco Webex untuk memberikan layanan antar muka yang menarik. Guna memberikan kepuasan kepada penggunanya. Supaya kita tidak diberi sebuah aplikasi dengan tampilan seadanya dan kurang menarik.

3. Lebih banyak menghabiskan data

Kekurangan Cisco Webex yang ketiga adalah aplikasi ini membutuhkan data internet yang besar. Dengan fitur live videonya, maka otomatis lebih banyak data yang dibutuhkan. Akan tetapi jika teman-teman menggunakan layanan wifi maka tidak ada kendala tentang habisnya data internet atau kuota. Maka sebaik mungkin teman-teman menggunakan datanya. Maka sudah dipastikan kalau teman-teman tidak memakai wifi, kuota akan terkuras banyak jika Anda tetap melakukannya.

Baca ya: Mudah membuat formulir dan Kelebihan Google Form

Pastikan teman-teman mempunyai manajemen penggunaan kuota internet agar tidak sampai menjadikan Cisco Webex sebagai aplikasi yang membuat kuota internet teman-teman cepat hangus. Gak ingin kan.

4. Mengharuskan koneksi data yang stabil

Jika Kekurangan Cisco Webex adalah aplikasi ini membutuhkan adanya koneksi data yang stabil dan bagus. Maka kita harus mengatasinya dengan sebisa mungkin menggunakan data kita dengan baik. Karena tidak bisa dipungkiri lagi kalau aplikasi sekelas Zoom Cloud Meeting, Google Hangouts atau Video conference yang lain, juga membutuhkan koneksi data yang baik supaya mempermudah dalam berkomunikasi.

Maka dari itu, pastikan Anda memiliki koneksi jaringan yang baik dan kuota internet agar tidak sampai menjadikan Cisco Webex sebagai aplikasi yang tidak bisa untuk melakukan kegiatan bervideo secara langsung di internet. Berbagi momen kebahagiaan bersama teman ataupun orang terkasih.


Kesimpulan

Aplikasi Cisco Webex memudahkan kita dalam kegiatan berkomunikasi kita baik itu hanya sekedar mengetahui keadaan ataupun kabar sanak keluarga atau bekerja dan yang lainya. Sehingga memudahkan dalam bertukar informasi ataupun kabar. Sekian apa yang telah disampaikan oleh Wayah-e.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Cisco Webex yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan Semoga harimu menyenangkan Wilujeng

9 Responses to "10 kelebihan dan kekurangan cisco webex yang harus diketahui"

  1. Keren,..sangat bermanfaat infonya

    ReplyDelete
  2. Saya suka pakai aplikasi ini..keren pokoknya

    ReplyDelete
  3. webex meeting so far so good. saat naik ke webex event dengan jumlah peserta yang besar sangat tidak nyaman, seperti fungsi mute all, tidak efektif jika jumlah peserta dalam jumlah besar. di webex event masih ditemukan suara bocor yang tidak diketahui sumber kebocorannya. dan masih banyak peserta yang gagal audio connectionnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul webex event masih banyak suara bocor walau sudah di mute all

      Delete
  4. limited time 40 menit utk free nya

    ReplyDelete
  5. Apa yang salah dg laptop core i3 dg webex terjadi gangguan pd video display ?spt wajah orang tdk jela, terpotong dsb ..tp bila share presentasi lancar..mhn solusinya..terimakasih

    ReplyDelete
  6. berapa batas pesertanya webex free?

    ReplyDelete
  7. Webex is so bad. Utk join meeting aja lama bgt sampai lebih dr 15 menit. Entah apa kendalanya..muncul pop up windows saat akan join sebuah meeting: preparing chairs, preparing the meeting yg takes forever utk menunggu. Nunggu 100% aja supeer lama.

    Gatau kadang lancar kadang aneh spt itu. Ga rekomen Webex kalau saya.

    ReplyDelete
  8. Hari ini pake webex, aman2 aja dan lancar, kualitas suara maupun gambar oke, mungkin pas jaringan bagus kalee

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel