10 kelebihan dan kekurangan Facebook Messenger + pengertiannya, lengkap!

10 kelebihan dan kekurangan Facebook Messenger + pengertiannya, lengkap!

Wayah-e_Perkembangan teknologi mengharuskan kita untuk setiap saat memperbaharui baik itu smartphone atau aplikasi didalamnya. Tak jarang aplikasi-aplikasi banyak berkembang dan membutuhkan penyesuaian ke perangkat teman-teman. Mulai dari fitur yang bertambah, fungsi menu, dan tampilan yang semakin menarik dan tidak disangka-sangka. Lain halnya dengan media sosial yang terus berkembang dan semakin banyak penggunanya.

Baca ya: keunggulan dari aplikasi Telegram pesaing WhatsApp

Kalau membahas tentang media sosial pasti tidak ada habisnya. Apalagi sekarang aplikasi penyedia hubungan secara daring semakin banyak dan fitur-fiturnya semakin beragam. Tak ayal kita harus semakin hati-hati dan bijak dalam memilih sebuah aplikasi untuk kita gunakan. Salah satu penyedia layanan media sosial adalah Facebook Messenger atau yang lebih familiar disebut dengan Messenger.

Siapa yang tidak kenal dengan Facebook. Perusahaan kenamaan asal Amerika ini sukses membuat beberapa aplikasi besar seperti Wa dan IG yang sekarang sudah banyak digunakan. Facebook sendiri juga memiliki layanan aplikasi pesan yang disebut dengan Messenger atau Facebook Messenger. Banyak keuntungan dan kelemahan dalam menggunakan Messenger ini.
Baca ya: Inilah cara jitu mempercepat kinerja laptop dan pc kamu
Terus apa aja yang jadi kekurangan dan Kelebihan yang dimiliki Facebook Messenger ini. Messenger sendiri adalah sebuah layanan pesan yang cukup populer dibandingkan dengan penerusnya yaitu WhatsApp ataupun Instagram.

Facebook cukup lama mengembangkan aplikasi Messenger ini untuk menunjang FB itu sendiri. Dulu menjadikan satu antara kirim pesan dan aplikasi inti. Akan tetapi sekarang membuat sebuah inovasi atau kreasi baru dalam dunia perpesanannya. Dengan menghadirkan Facebook Messenger.

Kenapa kebanyakan orang lebih memilih menggunakan aplikasi Messenger dibandingkan dengan pesan yang sudah ada dalam Facebook itu sendiri. Mungkin menggunakan Facebook Messenger lebih banyak fiturnya dan lebih menarik atau ada hal lain.
Baca ya: Ini dia Aplikasi dari google yang tidak diketahui kebanyakan orang
Kita ketahui akhir-akhir ini Facebook Messenger menjadi aplikasi alternatif dalam bermedia sosial dan bertukar pesan. Karena FB Messenger menawarkan berbagai fitur serta kemudahan dalam berkirim pesan maupun fungsi yang terus diperbaiki.

Sebelum kita membahas atau mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Messenger. Kita harus mengerti apa itu Facebook Messenger? Yang sudah banyak dikenal ini.

Apa itu Facebook Messenger?

Messenger adalah layanan pesan daring yang disediakan oleh Facebook dengan berbagai fitur mulai dari video call, pesan suara, dan telfon secara mudah dan efisien. Messenger yang dikembangkan oleh Facebook dan sekarang sudah berdiri sendiri sebagai aplikasi yang mandiri.

Baca ya: keunggulan Google kelas untuk proses belajar

Kelebihan Facebook Messenger

Layak jika aplikasi sebesar Facebook memberikan Messenger berbagai Kelebihan dan fitur yang menarik. Berikut beberapa fitur dari Messenger.

1. Bisa didownload secara Gratis

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Facebook Messenger adalah aplikasi ini bisa didownload secara gratis. Teman-teman tidak usah khawatir akan berkurangnya uang, hanya untuk membeli sebuah aplikasi. Messenger sudah menjamin jika aplikasi yang ia sediakan tidak berbayar, sehingga semua orang bisa menikmatinya tanpa harus kehilangan dana. Kalain bisa menginstallnya di App store maupun Playstore untuk menggunakanya.
Baca ya: Ini dia keunggulan dan kelemahan Google duo milik Google
Patut kalau Facebook Messenger menduduki peringkat terbaik di playstore untuk kategori aplikasi populer. Kelebihan ini yang menjadikan Messenger semakin banyak yang menggunakan dan menginstallnya.

2. Kontak otomatis tersinkronisasi dengan FB

Jika kalian mempunyai akun Facebook maka kontak atau teman yang ada di FB kalian otomatis langsung terhubung ke Messenger kalian. Dengan catatan teman FB kalian juga menginstall Messenger tersebut. Dengan begitu kita tidak usah repot dan bingung lagi harus memasukkan kontak satu persatu ke akun Messenger kita. Fitur tersebut barang kali belum semua aplikasi yang menerapkanya. Akan tetapi Facebook messenger sudah menerapkanya dan hasilya sangat efektif.

Kontak yang otomatis tersinkron atau terhubung, bisa memudahkan kita saat akan menghubungi teman yang kita kenal di Facebook tanpa harus minta nomor telfonya. Facebook Messenger sudah memberikan fitur tersebut dan kita tinggal memanfaatkannya.

3. Bisa diakses disemua platform

Kelebihan Facebook Messenger yang ketiga adalah sangat kompatibel atau bisa diakses oleh seluruh platform dan penyedia layanan sistem oprasi yang berbeda. Dengan begitu kita lebih leluasa berkomunikasi dengan berbagai OS yang berbeda tanpa harus takut tidak akan sampai pesan kita. Semua platform baik itu perangkat desktop, portal, android, ios, Harmony ataupun yang lain. Semua bisa terhubung lewat Facebook Messenger tersebut dan lebih mudah.
Baca ya: Banyak digunakan, ternyata ini keuntungan pakai iphone
Setiap platform memang sudah didesain agar mampu membuat sistem yang kompatibel. Serta Messenger sendiri juga sudah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat tersinkron ke semua perangkat.

4. Fitur bebas berkomunikasi dan ada grub video

Berkomunikasi di media sosial amat penting, jika berkomunikasi dibatasi atau diatur sedemikian rupa sehingga kita tidak lagi bisa bebas dalam bersosial media. Maka akan menyulitkan kita, Facebook Messenger sangat terbuka dalam hal berkomunikasi baik itu antar teman, keluarga dll tanpa ada batasan. Messenger sendiri memiliki fitur obrolan video, siaran langsung, chat, banyak gift, dan masih banyak lagi.

Yang lebih mengherankan lagi, Facebook Messenger juga menyediakan fitur grub video yang dapat menampung hingga 8 orang. Bahkan kemungkinan menjadi alternatif video conference menyaingi Hangouts, Ciscowebex, Ms Teams, Zoom cloud meeting, dan VC yang lain.

5. Fitur Grub video berkualitas tinggi

Grub video memang dihadirkan di Facebook Messenger. Dengan begitu kita tidak usah menginstall aplikasi VC yang lain untuk berkomunikasi lewat video. Grub video yang dimiliki Messenger juga unggul dalam bidang audio dan kualitas gambarnya. Dan mendukung Video dengan definisi tinggi yang mungkin tidak dimiliki aplikasi pesan chat yang lain.
Baca ya: inilah cloud storage gratis dan terbaik untuk penyimpanan kamu
Ada fitur lain di video grub, yaitu video interaktif dan adanya filter wajah. Dengan fitur tersebut kita dapat mempercantik tampilan video kita. Filter itu juga mampu memperindah tampilan kita sendiri sehingga kita tidak mudah bosan.

6. Ada Mode gelap di Messenger

Kelebihan yang ke-6 adalah FB Messenger menyediakan fitur black mode atau mode gelap. Dengan tujuan supaya kita bisa mengistirahatkan mata kita dari silau cahaya smartphone kita saat menggunakan Facebook Messenger. Tampilan mode gelap digunakan untuk menggelapkan latar pada laman antar muka obrolan. Supaya kita bisa menjaga mata kita dari resiko silau dan kesehatan mata.

Tampilan mode gelap merupakan fitur yang baru dari Facebook Messenger. Sebelumnya kita tidak menjumpainya. Mode gelap membuat ponsel kita tidak terlalu banyak menguras baterai kita, Jadi lebih hemat penggunaan baterai dan membuat mata kita tidak terlalu sakit.

7. Fitur mengirim uang dengan aman dan mudah

Memiliki kelebihan dengan bisa mengirim uang dengan mudah dapat kita jumpai di Messenger. Akan tetapi kita masih menunggu fitur tersebut akan hadir di Indonesia. Pasalnya fitur mengirim uang hanya tersedia di Facebook Messenger di Amerika Serikat. Dengan menambahkan fitur kartu debit atau penyedia layanan debit yang lain. Seperti paytren, pay pal, dll.
Baca ya: Ketahui aplikasi pengelola keuangan desa kamu
Kita masih menunggu informasi resmi dari pihak Facebook dan Messenger sendiri. Fitur Itu akan hadir di Indonesia atau tidak. Dengan kemudahan bisa mengirim uang maka aplikasi menjadi lebih mudah dan efisien.

10 kelebihan dan kekurangan Facebook Messenger + pengertiannya, lengkap!

Kelemahan Facebook Messenger untuk pengguna facebook

Banyak fitur yang dapat kita miliki di Facebook Messenger. tapi kita juga harus tahu apa saja yang menjadi kekurangan dari aplikasi Messenger. Berikut mari kita simak

8. Tidak ikut Facebook

Kelemahan pertama yang dimiliki oleh Facebook Messenger adalah tidak ikut induknya, maksudnya kalau kita mendownload aplikasi Facebook kita juga harus mendownload sendiri Aplikasi Messenger tersebut. Itu merupakan kelemahan yang harus kita ketahui. Kita menjadi banyak memiliki aplikasi yang seharusnya kita cuma memiliki 1 aplikasi yang dapat melakukan semua itu.
Baca ya: ternyata ini os terbaru dari Xiaomi
Dengan begitu kita menjadi memiliki 2 aplikasi yang seharusnya kita hanya punya 1. Ya jika smartphone milik teman-teman berkapasitas besar, kalau kecil maka Facebook Messenger kemungkinan bisa memperlambat ponsel teman-teman.

9. Tampilan monoton

Tampilan yang kurang menarik atau monoton kali ini menjadi kekurangan Facebook Messenger. Tampilan yang hampir mirip dengan Facebook membuat kita serasa mempunyai 2 FB. Mungkin Messenger ingin mempertahankan ciri khasnya. Tetapi sebagian yang lain justru menggangap FB Messenger monoton dan tampilanya hanya itu-itu saja.

Memang urusan tampilan tergantung selera masing-masing. Ada yang suka Messenger yang seperti ini dan ada yang menginginkan diubah agar menarik. Dengan begitu kekurangan dari Facebook Messenger sementara tidak kita temui ditampilannya.

10. Harus mempunyai Akun Facebook

Kekurangan Facebook Messenger yang ketiga adalah harus mempunyai akun Facebook. Maksudnya saat teman-teman mau menggunakan atau menginstall Messenger tersebut, kita memerlukan akun Facebook terlebih dahulu. Jika teman-teman belum mempunyai akunnya maka daftra terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Akun FB diperlukan untuk mensinkronkan teman yang ada di Facebook.
Baca ya: Edit dokumen dan filemu dengan aplikasi ini supaya terlihat cantik
Karena untuk bisa menggunakan Facebook Messenger kita diwajibkan untuk memiliki akunnya dulu. Dengan begitu kita bisa menggunakan Messenger dengan nyaman dan efisien. Kelemahan itu yang menyebabakan FB Messenger dan lite menjadi kurang efisien dan praktis.

Kesimpulan

Facebook Messenger adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Facebook untuk memudahkan kita mengobrol baik itu pesan teks, suara bahkan video call. Dan memudahkan kita dalam berkomunikasi. Dan pastinya mudah digunakan.

Itu tadi keunggulan dan kelemahan Facebook Messenger yang perlu kita perhatikan. Baik pengguna baru ataupun yang sudah lama. semoga bermanfaat dan semoga harimu menyenangkan Wilujeng

0 Response to "10 kelebihan dan kekurangan Facebook Messenger + pengertiannya, lengkap!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel